Tahap Pembuatan
ER-Diagram
1. Identifikasi dan menetapkan seluruh himpunan Entitas
Sebagaimana telah
disebutkan, himpunan entitas mewakili sebuah kumpulan entitas yang jelas
eksistensinya dan dapat berdiri sendiri. Akan tetapi, himpunan entitas mana
saja yang kita pilih tidak hanya tergantung pada jenis topik/sistem yang kita
tinjau, tetapi juga ditentukan oleh seberapa jauh ruang lingkup yang kita ingin
akomodasi dalam rancangan basis data. Dalam lingkup sistem perkuliahan
sesungguhnya ada banyak sekali himpunan entitas yang bisa kita libatkan seperti
Mahasiswa, Kuliah, Praktikum, Dosen, Asisten, Ruang, Jurusan dll.
namun dalam lingkup sistem perkuliahan yang sederhana,
kita dapat identifikasi adanya tiga buah himpunan entitas , yaitu Mahasiswa,
Kuliah dan Dosen
2. Menentukan Atribut Key dari masing-masing himpunan entitas.
atribut-atribut key yang
kita sertakan di masing-masing himpunan entitas merupakan atribut terpenting
yang dapat mengidentifikasi(membedakan) setiap entitas yang ada didalamnya.
Keberadaan atribut ini juga akan memberikan
keyakinan tentang kebenaran eksistensi dari setiap himpunan entitas. Salah satu
ciri dari himpunan entitas adalah kemandiriannya. Dengan mudah dapat kita
sepakati, bahwa pengidentifikasi setiap entitas secara unik, dihimpunan entitas
Mahasiswa adalah atribut nim, lalu dihimpunan entitas Kuliah adalah atribut
kode_kul, dan dihimpunan entitas Dosen adalah atribut nama_dosen
3. Identifikasi dan menetapkan seluruh himpunan Relasi di antara himpunan
Entitas yang ada beserta kunci tamunya (foreign key).
Langkah ke-3 ini sangat penting dalam pembentukan Diagram E-R. Ketepatan
dalam menentukan relasi yang terjadi diantara himpunan entitas akan menentukan
kualitas rancangan basis data yang kita bangun. Relasi yang kita tetapkan harus
dapat mengakomodasi semua fakta yang ada dan menjamin kebutuhan pengajian data,
akan tetapi dalam sisi lain juga harus dibuat seoptimal mungkin agar tidak
memakai ruang penyimpanan yang lebih besar. Untuk itulah , relasi yang sifatnya
tidak langsung harus ditiadakan. Himpunan relasi mempelajari dan mengajar merupakan
relasi langsung yang terjadi diantara himpunan entitas Mahasiswa dan Kuliah
serta antara himpunan entitas Dosen dan Kuliah , dapat di gambarkan sebagai
berikut:
Himpunan relasi Mempelajari akan dapat mengakomodasi adanya fakta tentang
sejumlah Mhs yang menganmbil mata kuliah tertentu, demikian juga dengan
himpunan relasi mengajar yang dapat mengakomodasi fakta tentang dosen yang
mengajar mata kuliah tertentu
4. Menentukan derajat relasi untuk setiap himpunan relasi.
Karena memang fakta memperlihatkan bahwa seseorang mahasiswa boleh
mengambil beberapa mata kuliah sekaligus, maka derajat relasi antara himpunan
entitas mahasiswa & kuliah adalah banyak ke banyak. Sementar itu fakta yang
menunjukan bahwa dosen dapat mengajar beberapa mata kuliah , maka derajat
relasi antara himpunan entitas dosen dan kuliah adalah satu ke banyak, maka
dapat kita gambarka Diagram E-R sebagai berikut:
5. Melengkapi himpunan relasi dengan atribut- atribut deskriptif.
Langkan terahir ini merupakan langkah pelengkangkap sehingga tidak seperti
langkah-langkah sebelumnya. Keberadaan atribut deskriptif ini merupakan
refleksi pengakomodasian terhadap fakta. Langsung aja saya akan lengkapi
Video Tahap Pembuatan
ER-Diagram
- Identifikasi dan menetapkan seluruh himpunan Entitas
- Menentukan Atribut Key dari masing-masing himpunan entitas.
Tahapan ER-DIAGRAM 1 dan 2
3. Identifikasi
dan menetapkan seluruh himpunan Relasi di antara himpunan Entitas yang ada
beserta kunci tamunya (foreign key), unduh videonya di vitaraedtraforever.blogspot.com
4. Menentukan
derajat relasi untuk setiap himpunan relasi, unduh videonya di pondokilmu24.blogspot.com
5.Melengkapi
himpunan relasi dengan atribut- atribut deskriptif, unduh videonya di pondokilmu24.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar