Sabtu, 24 November 2012


Indahnya Lavender Sejauh Mata Memandang di Provence

Hamparan lavender di Provence, Prancis

Bayangkan Anda berada di tengah karpet alam berwarna ungu cerah, menghempaskan diri di bawah langit biru muda yang cerah. Saksikanlah mahakarya alam terbentang di depan mata, dan hiruplah aroma lavender di wilayah Provence, Prancis.

Berkunjung ke Prancis tak berarti harus menghabiskan waktu di Kota Paris. Sisi romantis negara ini juga hadir dari pedesaannya. Salah satunya berasal dari wilayah Provence, yang terletak di sebelah tenggara Prancis.

Di wilayah ini terdapat hamparan luas ladang lavender, menyatu cantik dengan lanskap bukit dan pegunungan di belakangnya. Warna ungu tua yang mencirikan ladang lavender bersatu apik dengan birunya langit nan cerah, hijaunya rumput dan pepohonan, serta warna abu-abu dan kayu yang mencirikan perumahan warga lokal.

Nikmatilah pemandangan alam yang menghipnotis ini, sambil menghirup udara beraroma lavender yang sangat wangi.

Dua ladang lavender yang paling terkenal adalah Plateau de Valensole dan Plateau de Sault. Setelah melihat keduanya, langkahkan kaki Anda menuju kastil kuno nan cantik Abbaye de Senanque. Karpet lavender yang luas mengisi sebagian besar halamannya.

Bunga lavender mekar mulai akhir Juni hingga Agustus, dan masa panen dimulai pertengahan Juli hingga akhir Agustus. Pada bulan-bulan itu, Anda bisa menyaksikan beragam festival lavender di tengah desanya. Festival ini menyajikan aneka produk lokal berbahan baku lavender. Ada kerajinan tangan, sabun, minyak esensial, madu lavender, hingga buket bunga kering.

Pada bulan Agustus, Anda bisa mengunjungi tempat penyulingan bunga lavender untuk melihat proses pembuatan minyak esensial. Beberapa perkebunan juga mengadakan tur botani dan tur perjalanan mengarungi kebun lavender yang sangat indah. Bahkan, Anda bisa belajar untuk membuat parfum sendiri!

Beberapa toko di sekitar perkebunan lavender menyediakan aneka produk rumahan. Seikat bunga kering, madu lavender, sabun lavender, minyak esensial, atau pewangi ruangan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Pada bulan-bulan mekarnya lavender, Provence tak hanya diminati oleh turis domestik. Para wisatawan dari berbagai belahan dunia rela terbang jauh ke wilayah ini untuk menyaksikan mahakarya alam nan memukau. Maka, jika Anda berkunjung ke Prancis pada bulan Juni hingga Agustus, Provence wajib ditempatkan di urutan pertama daftar destinasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar